Anindosta 9 Years of Rise: Live Instagram QNA & Tantangan

 


BOGOR, Jawa Barat - Anindosta memperingati 9 tahun berdirinya organisasi sekaligus usaha kreatif dengan mengadakan Live Instagram QNA dan pembahasan mengenai tantangan pada (14/10) yang dilakukan pukul 10.10 sampai 11.15 waktu Indonesia bagian barat. Dalam live Instagram di @anindosta_studios diisi oleh Mudzakir Hafizh sebagai MC & Moderator serta Naufal Ahmad dan Danang Satria sebagai perwakilan dari tim Anindosta Studios. 



Dalam live tersebut, diawali oleh penuturan oleh Naufal selaku produser Anindosta Studios mengenai tantangan yang dihadapi dalam 9 tahun terakhir. Ia menegaskan bahwa walaupun Anindosta sedang mencari fundrising untuk proyek ambisiusnya bernama Volter Stein, mereka tidak serta merta diam tetapi berupaya untuk melakukan segala cara agar proyeknya dapat berjalan. Sebagai bukti keberhasilan atas upaya mereka, Anindosta mendapatkan dana hibah dari Kemendikbud RI untuk pengembangan buku komik Volter Stein. 

Selain itu, Naufal juga menjelaskan mengenai bagaimana mereka ketika menghadapi sebuah tantangan dan masalah di Anindosta. Ia menuturkan ada 2 cara yang dilakukannya saat hal tersebut timbul yaitu menggunakan prinsip kesetaraan dan komunikasi. Dimana kesetaraan yang dimaksud ialah proses diskusi yang mengesampingkan dominasi dari jabatan yang lebih tinggi, seperti pemimpin proyek dengan pelaksana proyek. Menurutnya hal tersebut akan menghalangi penyelesaian masalah dan tantangan yang dihadapi karena dilandaskan pada ego bukan pada substansi pembicaraan yang menghasilkan output berupa solusi. Terkadang hal tersebut justru hanya dapat mengatasi masalah yang ada di permukaan saja, tidak dapat menggali akar permasalahan yang dihadapi.

Baca yang lain: Anindosta Official Release News

Naufal juga menjelaskan prinsip kedua yaitu komunikasi, inilah yang paling penting karena biasanya di dalam tim Anindosta terjadi penekanan argumentasi yang dilakukan hanya demi memenangkan ego semata tanpa mengeluarkan substansi pembicaraan, yaitu solusi dan sudah tentu hal ini membuat kita tidak dapat melihat dengan jelas akar permasalahan tersebut. Ia menangani hal tersebut dengan melakukan cooling down selama beberapa hari dan menggunakan teknik persuasif secara personal emosional 4 mata. Jika komunikasi dilakukan secara 4 mata, maka ego tersebut tidak berarti yang kemudian akan terjadi penyadaran bahwa argumentasinya lemah, dan bahkan tidak berkaitan sama sekali dengan substansi pembicaraan. Setelah itu, pihak lawan bicara akhirnya dapat melihat dengan jelas akar permasalahan yang dihadapi. Biasanya masalah dan tantangan sangat berkaitan, dimana ada masalah maka ada tantangan pula yang harus dihadapi.

Mudzakir sebagai MC mempersilakan bagi audience untuk bertanya dengan imbalan hadiah menarik yang akan diberikan. Pada pertengahan live Instagram, anggota tim Anindosta lainnya ikut hadir yaitu Danang sebagai Art Director. Ia turut menjelaskan mengenai dinamika posisinya sebagai ilustrator bahwa dibutuhkan kerja keras dan konsistensi tinggi untuk terus mencoba berlatih hingga karya yang dihasilkan pun semakin meningkat secara kualitas. Mudzakir juga sebagai junior ilustrator mengatakan bahwa ia termotivasi untuk menjadi ilustrator berkat Danang dan menemukan perkumpulan di satu bidang yang sama. 

Terdapat penanya dari @setiadii312 yang bertanya mengenai visi dan misi Anindosta. Kemudian dijawab oleh Mudzakir bahwa pada dasarnya Anindosta memiliki visi untuk membuat sebuah film animasi namun juga tidak sebatas animasi namun terdapat kandungan implisit di dalamnya seperti moralitas manusia dan perdamaian. Ditambahkan oleh Naufal, sejak awal Anindosta memang berlandaskan pada persatuan dan kesatuan serta berguna bagi masyarakat sesuai yang dijelaskan oleh Mudzakir yaitu moralitas manusia. Melihat motto Anindosta yaitu "impossible we do if we unite", dimana dalam arti luas bahwa dunia dapat melakukan apapun asalkan bersatu dalam arti menjunjung tinggi perdamaian. Lalu jika motto tersebut berkaca pada diri tim Anindosta, dimana persatuan tim merupakan hal utama kemudian tim ini dapat mencapai tujuan apapun atas dasar komitmen yang kuat.


~Anindosta Squad~

Baca yang lain: Anindosta Official Release News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar